Keajaiban untuk wanita Indonesia, Majakani Aceh Razie !

Keranjang belanja kosong

Hal Yang Harus Dihindari Saat Keputihan

Majakaniaceh.com- meskipun keputihan merupakan masalah kesehatan umum yang terjadi pada wanita,namun masih banyak wanita yang tidak memahami tentang keputihan dan meanggap keputihan merupakan masalah sepele. Keputihan emang tidak menimbulkan dampak yang segera,namun dalam jangka panjang keputihan memilik dampak yang sangat berbahaya. Keputihan yang mulanya hanya keputihan normal/keputihan ringan dapat menjadi berbahaya jika salah penangannya. Untuk menghindari akibat yang tidak diinginkan , dibawah ini akan dibahas beberapa hal yang harus dihindari saat keputihan:

Mencuci miss V dengan bahan yang salah

Miss V memiliki kondisi yang unik,keseimbangan PH serta biotik di dalamnya menjaga kondisi V tetap sehat. Saat kondisi didalam V terganggu,cairan V akan mengalami peningkatan,tujuannya untuk menetralkan/membuang benda asing (jamur/bakteri) patrogen yang menggangu. Mencuci miss V dengan bahan yang salah justru mengganggu cairan miss V,misalnya kamu menggunakan sabun dengan PH basa,dan itu menyebabkan V menjadi kering sehingga cairan V yang bermaksud membuang antibiotik dapat membunuh bakteri baik didalam V. Disarankan jika kamu memiliki keputihan yang  terlalu banyak cucilah menggunakan bahan netral dan lembut,atau gunakan bahan yang alami seperti rebusan air sirih, jangan melulu mencuci V aja tapi atasi dari sumber masalah,obati keputihanmu.

Menggaruk miss V karena gatal

Keputihan pada wanita yang disebabkan oleh jamur ,rasa gatal yang disebabkan oleh jamur sangatlah mengganggu. Menggaruk V bukanlah solusi buat menghilangkan gatal pada V anda tetapi ini dapat menyebabkan iritasi pada V. Ciri-cirinya bisa menjadi lecet,kemerahan,panas,dan gatal disertai perih.

Menggunakan bedak / pewangi

Penggunaan bedak atau parfum pada V yang bertujuan untuk menghilangkan bau keputihan justru akan memperparah keputihan, Pewangi pada parfum dapast membunuh bakteri baik dan merusak kondisi lingkuangan miss V.

Menggunakan pantyliner dalam waktu yang lama

Pantyliner memang dapat dijadikan solusi untuk mengatasi keputihan yang berlebihan namun jika digunakan dalam waktu yang lama,akan mengakibatkan lingkungan V kamu lembab dan pengab, dimana kondisi ini sangat disukai oleh bakteri dan jamur,sehingga keputihan semakin parah, Oleh karena itu obatilah keputihan dari sumbernya bukan Cuma mengatasi keputihan yang keluar saja.

Tidak disiplin dalam mengkosumsi obat

Umumnya obat-obatan yang digunakan saat keputihan adalah antibiotik, antibiotik memang sangat ampuh membunuh bakteri namun jika pengobatan tidak tuntas, bakteri yang  tidak mati akan menjadi kebal. Bakteri yang telah kebal tidak dapat diobati dengan antibiotik yang sama lagi, dan harus menggunakan antibiotik yang dosisnya lebih tinggi dari pada sebelumnya.  Dan kabar buruknya jika anda sudah mengkosumsi antibiotik dosis tinggi namun keputihannya tidak sembuh juga, dan akan menjdadi sangat sulit untuk menyembuhkan keputihannya karna bakteri  didalam tubuh sudah sangat kuat. Gunakanlah obat yang berbahan dasar herbal, karena produk herbal tidak menyebabkan efek resistensi(kekebalan tubuh) pada bakteri.

 Berhubungan saat keputihan

Saat keputihan tidak disarankan berhubungan, bakteri dan jamur pada keputihan akan menyebar dirongga V saat berhubungan. Oleh karena itu obatilah keputihan anda terlebih dahulu jangan dibiarkan, keputihan akan sangat berbahaya jika anda abaikan dan akan bisa lebih parah dari pada sebelumnya.

Menggunakan pakaian yang ketat

Sama seperti dengan menggunakan pantyliner, pakaian yang ketat dapat menyebabkan miss V kamu menjadi lembab akibatnya bakteri dan jamur tumbuh dengan subur di miss V kamu.

Selain hal-hal diatas, faktor makanan juga dapat memperburuk kondosi keputihan adapun makanan yang harus dihindari saat keputihan :

  • Makanan yang kadar gulanya tinggi
  • Makanan yang mengandung ragi
  • Buah-buahan yang dikeringkan

Apa ajasih yang harus dilakukan ketika penyakit keputihan wanita datang menyerang

Daerah kewanitaan merupakan daerah yang sensitif untuk kita bicarakan, namun sering kali keluhan di area kewanitaan disimpan rapat-rapat tanpa harus konsultasi dengan dokter. Segala macam cara telah dilakukan untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan tapi apa daya, ternyata penyakit keputihan tetap saja menyerang sebagian wanita, kalau suda begini apa yang bisa anda lakukan agar penyakit keputihan ini tidak semakin tambah parah?

Pertama, kamu jangan panik bersikaplah tenang seperti biasanya, hindari stress dan depresi selama periode infeksi jamur/ bakteri, kemudian mulailah untuk membiasakan kebiasan-kebiasan sehat,seperti meminum banyak cairan untuk mengusir bakteri-bakteri jahat dalam kewanitaan.

Kedua, brsihkan miss V kamu dua kali sehari dengan air dingin, tahan keinginan untuk berenang selama dalam masa penyembuhan, karena beberapa jenis keputihan dapat menular melalui pakaian renang / handuk basah. Dan hindari juga penggunaan handuk dan sabun mandi bersama suami / anak-anak anda.

Ketiga, selalu keringkan miss V dengan tisu sebelum memakai celana dalam agar dalaman anda tidak lembab dan menyuburkan pertumbuhan jamur serta bakteri. Cuci celana dalam dan handuk dengan air panas dan keringkan dibawah sinar matahari untuk membunuh organisme yang terselip disela-sela kain.  Dan hindari celana ketat, karena hal itu akan memperparah keputihan yang sedang anda alami dan bila perlu, gunakan pantyliner untuk menyerap cairan keputihan dan bau yang ditimbulkan. Namun jangan lupa untuk sering mengganti celana dalam, dan hindari makanan yang membuat suhu tubuh anda naik, seperti terong, ayam, dan ikan kering. Selama proses penyembuhan makanlah makanan yang sehat seperti susu, kelapa muda, biji-bijian, sayuran, dan buah. Batasi juga asupan gula karna gula bisa menyuburkan bakteri.

 

Bagikan Artikel Ini :

   Berlangganan Artikel Kami Melalui Email

Hubungi Kami

WhatsApp    :  089604575157

SMS   : 089604575157

PIN BB : DC31C225

Telpon    :  0813 1900 2900